Cara Daftar Asuransi Perjalanan Pesawat Beserta Persyaratannya untuk Lindungi Perjalananmu

3 min read

Cara Daftar Asuransi Perjalanan Pesawat – Apakah Anda pernah mengalami delay saat naik pesawat? Jika ya, Anda pasti tahu betapa menyebalkannya menunggu berjam-jam di bandara. Namun, tahukah Anda bahwa delay dalam perjalanan dapat diubah menjadi keuntungan finansial? Caranya cukup mudah, yaitu dengan mendaftar asuransi perjalanan pesawat.

Untuk informasi lebih lanjut tentang cara daftar asuransi perjalanan pesawat, manfaatnya, dan proses klaimnya, simaklah ulasan di bawah ini.

Apa Itu Asuransi Perjalanan Pesawat?

Asuransi perjalanan pesawat adalah jenis asuransi yang dapat Anda peroleh saat membeli tiket pesawat. Saat Anda membeli tiket, biasanya ada opsi untuk menggunakan asuransi perjalanan pesawat dengan pembayaran tambahan. Asuransi ini dapat diperoleh baik melalui pembelian tiket pesawat secara online maupun offline.

Jika Anda belum pernah menggunakan asuransi perjalanan, Anda mungkin berpikir, “Apa gunanya membayar asuransi?” Namun, pandangan ini bisa berubah setelah Anda mengetahui manfaat yang dapat Anda peroleh setelah membayar asuransi perjalanan pesawat. Salah satu penyedia asuransi perjalanan pesawat yang dapat dipertimbangkan adalah MNC Insurance.

Asuransi ini tersedia untuk penerbangan domestik dan internasional. Namun, asuransi untuk penerbangan internasional biasanya lebih diminati karena memberikan perlindungan terhadap kejadian yang tidak terduga selama perjalanan, seperti sakit yang memerlukan rawat inap. Dengan demikian, asuransi perjalanan ini menjadi pilihan tepat untuk melindungi diri Anda.

Apakah asuransi perjalanan ini berlaku pulang-pergi (PP)? Sebagian besar asuransi perjalanan pesawat menawarkan opsi PP, tetapi ada juga yang bersifat one way. Setiap asuransi memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda, sehingga penting untuk teliti dalam membaca informasinya.

Baca juga:  Understanding Earthquake Insurance Rates: Protecting Your Home and Finances

Baca Juga: Cara Membuat Surat Asuransi Mobil Lengkap Beserta Persyaratannya

Ketentuan Asuransi Perjalanan Pesawat

Untuk dapat memperoleh asuransi perjalanan pesawat, ada beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan. Selanjutnya, bagaimana cara klaim asuransinya? Berikut adalah beberapa informasi mengenai apa yang dapat dan tidak dapat dicover oleh asuransi perjalanan pesawat.

Asuransi perjalanan ini hanya dapat diakses melalui Blibli. MNC Insurance hanya berlaku untuk perjalanan pulang-pergi yang dimulai dan diakhiri di Indonesia. Batasan usia peserta adalah mulai dari 1 tahun hingga 65 tahun, berlaku untuk WNI dan WNA yang memiliki KITAS. Namun, ada beberapa hal yang tidak dapat dicover oleh asuransi ini, seperti:

  1. Asuransi ini tidak mencakup kehamilan, persalinan, atau keguguran.
  2. Anda hanya dapat mendaftar asuransi perjalanan pesawat jika kondisi kesehatan Anda benar-benar baik.
  3. Beberapa negara tertentu tidak dapat dicover oleh MNC Insurance. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di situs web resmi mereka.

Proses klaim asuransi dapat diajukan dalam waktu 30 hari setelah kejadian. Bawa bukti-bukti yang menunjukkan bahwa Anda melakukan perjalanan dan mengalami masalah selama penerbangan. Sertakan juga data diri yang Anda gunakan saat mendaftar asuransi. Setelah itu, tinggal menunggu proses klaim selesai.

Apa Syarat Klaim Asuransi Perjalanan?

Sebelum mengajukan klaim, Anda juga perlu mengetahui syarat-syarat umum yang berlaku. Ini penting agar Anda tahu apakah kasus yang Anda alami memenuhi syarat klaim atau tidak. Berikut adalah syarat utama klaim asuransi perjalanan, meliputi:

  1. Penyebab kerugian termasuk dalam cakupan polis asuransi perjalanan.
  2. Polis asuransi aktif (sudah dibeli dan premi teratur dibayar).
  3. Kerugian terjadi dalam masa aktif polis.
  4. Melengkapi dokumen utama dan tambahan sesuai dengan klaim yang diajukan.
Baca juga:  Choosing the Best Term Life Insurance Policy: Protecting Your Loved Ones

Cara Daftar Asuransi Perjalanan Pesawat

Selain syarat klaim, dokumen juga merupakan hal penting yang harus diperhatikan saat mengajukan klaim asuransi perjalanan, baik dokumen utama maupun tambahan. Dokumen utama adalah dokumen umum yang diperlukan untuk klaim di semua jenis asuransi, sementara dokumen tambahan bergantung pada jenis klaim yang diajukan.

Berikut adalah dokumen utama yang perlu Anda siapkan saat ingin mengajukan klaim asuransi perjalanan:

  1. Salinan polis asuransi perjalanan yang telah dibeli.
  2. Formulir pengajuan klaim asuransi perjalanan yang sudah diisi.
  3. Identitas diri (KTP, Kartu Keluarga, dll).
  4. Salinan tiket pesawat/kereta api eksekutif/hotel.

Selain itu, Anda juga perlu mengetahui dokumen-dokumen tambahan yang mungkin diperlukan sesuai dengan manfaat polis asuransi yang Anda beli, seperti:

  1. Manfaat kematian akibat kecelakaan: Kronologi kejadian, keterangan tertulis hasil visum oleh dokter yang berwenang, laporan polisi, surat keterangan kematian dari pemerintah atau rumah sakit, dan dokumen lainnya jika dibutuhkan.
  2. Manfaat keterlambatan penerbangan/kereta api eksekutif: Kronologi kejadian, surat keterangan dari pihak penerbangan/kereta api, tiket asli, dan rincian biaya transportasi, serta dokumen lainnya jika dibutuhkan.
  3. Manfaat kehilangan bagasi: Kronologi kejadian, surat keterangan dari pihak penerbangan/kereta api, tiket asli, property irregularity report (PIR) dari pihak penerbangan, dan dokumen lainnya jika dibutuhkan.
  4. Manfaat pembatalan hotel: Kronologi kejadian, jadwal perjalanan atau konfirmasi pemesanan dari agen travel, tiket asli pemesanan hotel, dan rincian biaya akomodasi, serta dokumen lainnya jika dibutuhkan.
Baca juga:  Cara Resmi Menutup Polis Asuransi Prudential Beserta Persyaratannya

Hal yang Sering Ditanyakan

Pertanyaan Umum Seputar Cara Daftar Asuransi Perjalanan Pesawat:

  1. Bagaimana cara mendaftar asuransi perjalanan pesawat?
    Anda dapat mendaftar asuransi perjalanan pesawat saat pembelian tiket, baik secara online maupun offline. Pastikan untuk memilih opsi asuransi perjalanan dan membayar biaya tambahan yang diperlukan.
  2. Apa manfaat utama asuransi perjalanan pesawat?
    Manfaat utama asuransi perjalanan pesawat meliputi perlindungan terhadap kejadian tidak terduga seperti sakit dan rawat inap, keterlambatan penerbangan, kehilangan bagasi, dan pembatalan hotel.
  3. Bagaimana cara klaim asuransi perjalanan pesawat?
    Anda dapat mengajukan klaim asuransi perjalanan pesawat dengan melengkapi dokumen yang diperlukan, seperti salinan polis, formulir klaim, identitas diri, dan bukti terkait kejadian. Proses klaim biasanya dapat diajukan dalam waktu 30 hari setelah kejadian.
  4. Apakah ada batasan usia untuk mendaftar asuransi perjalanan pesawat?
    Ya, batasan usia peserta asuransi perjalanan pesawat umumnya mulai dari 1 tahun hingga 65 tahun, berlaku untuk WNI dan WNA yang memiliki KITAS.
  5. Apakah asuransi perjalanan pesawat berlaku untuk penerbangan internasional?
    Ya, asuransi perjalanan pesawat dapat digunakan untuk penerbangan domestik maupun internasional. Namun, umumnya lebih banyak diminati untuk penerbangan internasional karena risiko yang lebih besar selama perjalanan.

Akhir Kata

Menarik, bukan, asuransinya? Batasannya tidak sulit, dan kompensasi yang ditawarkan cukup menarik. Asuransi ini sangat cocok digunakan saat berlibur agar liburan Anda tidak dirundung kekhawatiran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *