Cara Daftar Menjadi Agen BRILink, Lengkap Syarat dan Modal yang Harus Dikeluarkan

3 min read

Cara Daftar Menjadi Agen BRILink – Anda tertarik untuk menjadi agen BRILink? Prosesnya cukup mudah, dan yang lebih menarik, Anda memiliki peluang untuk meraih keuntungan sebagai agen BRILink. Mengutip informasi dari laman resmi BRI, BRILink adalah perluasan layanan BRI yang melibatkan kerja sama dengan nasabah BRI sebagai agen. Para agen ini dapat memberikan layanan transaksi perbankan secara real-time online menggunakan fitur EDC miniATM BRI dengan konsep sharing fee.

Terdapat dua produk dan layanan BRILink, yaitu Lakupandai dan Mini ATM BRI. Lakupandai merupakan kegiatan penyediaan layanan perbankan dan/atau layanan keuangan lainnya tanpa melibatkan jaringan kantor. Sementara Mini ATM BRI, menggunakan Electronic Data Capture (EDC) untuk transaksi keuangan non-tunai seperti yang dapat dilakukan melalui ATM.

Bagi Anda yang ingin mengetahui cara menjadi agen BRILink, syaratnya, dan berapa modal yang diperlukan, berikut ulasan selengkapnya.

Panduan Langkah-langkah Mendaftar Agen BRILink dengan Mudah

Syarat Menjadi Agen BRILink

Menurut informasi dari brilink.bri.co.id, Anda dapat mendaftar sebagai agen BRILink baik sebagai individu perorangan maupun badan usaha. Syarat menjadi agen BRILink terbagi menjadi dua kategori, yaitu syarat umum dan syarat dokumen.

Syarat Umum:

  1. Memiliki lokasi usaha atau tempat tinggal tetap.
  2. Memiliki sumber penghasilan dari kegiatan usaha atau memiliki kegiatan tetap (pegawai tetap) minimal 2 tahun.
  3. Calon agen dari kegiatan usaha harus memiliki dokumen legalitas usaha, setidaknya dari perangkat desa.
  4. Calon agen BRILink dari kalangan pegawai harus melampirkan Copy SK pengangkatan pegawai tetap.
  5. Pensiunan BRI perlu melampirkan dokumen surat PHK normal berakhirnya masa bakti atau surat pensiun yang mendapatkan manfaat bulanan, dilengkapi dengan bukti penerimaan manfaat pensiun bulanan.
  6. Tidak boleh menjadi agen bank lain yang menyelenggarakan Laku Pandai.
  7. Calon agen BRILink wajib memiliki rekening simpanan menggunakan kartu di Bank BRI, selanjutnya calon harus menyetor uang jaminan sebesar Rp3 juta, dan saldo tersebut akan diblokir selama Anda menjadi agen BRILink.
  8. Memiliki rekening pinjaman di Bank BRI (tanpa menyetor uang jaminan) dengan kolektibilitas lancar selama 6 bulan terakhir.
Baca juga:  Cara Klaim Asuransi PRULink Next Gen Prudential Beserta Persyaratannya

Syarat Dokumen:

  1. Surat keterangan usaha minimal dari RT/RW.
  2. SIUP, SITU, TDP (untuk agen berbadan usaha).
  3. Akta Pendirian (untuk agen berbadan usaha).
  4. Izin Usaha lainnya.
  5. KTP Pemilik/pengurus.
  6. NPWP pemilik (khusus untuk badan usaha).
  7. Buku Tabungan/Rekening Koran.
  8. Formulir pengajuan Agen BRILink.
  9. Perjanjian kerja sama BRI Link.

Modal yang Diperlukan untuk Menjadi Agen BRILink

Untuk menjadi agen BRILink, Anda sebaiknya menyiapkan modal sekitar Rp 3 juta hingga Rp 5 juta. Beberapa transaksi bahkan hanya membutuhkan smartphone sebagai modal untuk menjadi Agen BRILink.

Berdasarkan persyaratan di laman resmi BRI, Agen BRILink diwajibkan menyetor uang jaminan sebesar Rp 3 juta. Saldo ini akan diblokir selama menjadi agen. Selain itu, Agen BRILink akan mendapatkan mesin EDC yang berfungsi sebagai alat bantu transaksi secara real-time. Berikut syarat untuk menjadi Agen BRILink:

  1. Belum menjadi agen dari Bank penyelenggara Laku Pandai.
  2. Memiliki surat keterangan legalitas usaha atau SK pengangkatan pegawai tetap atau SK pensiunan.
  3. Calon agen BRILink harus memiliki sumber penghasilan dari kegiatan usaha ataupun kegiatan tetap lainnya minimal selama 2 tahun.
  4. Seperti pada persyaratan menjadi agen BRILink diatas, calon wajib memiliki rekening simpanan berkartu di Bank BRI, menyetor uang jaminan sebesar Rp 3.000.000,-, dan saldo tersebut diblokir selama menjadi agen. Atau mempunyai rekening pinjaman di Bank BRI (tanpa harus menyetor uang jaminan) dengan kolektibilitas Lancar selama 6 bulan terakhir.
  5. Untuk melakukan pengajuan agen BRILink dapat berbentuk perseorangan atau Instansi berbadan hukum.
  6. Calon agen BRILink wajib melengkapi identitas berupa KTP (pemilik/pengurus) dan NPWP pemilik (untuk badan usaha).
Baca juga:  Persyaratan dan Cara Daftar KPR BRI Dengan Bunga Rendah

Menurut informasi dari laman resmi perusahaan, fitur MiniATM di Agen BRILink menyimpan menu layanan yang membuat nasabah dapat menikmati berbagai macam layanan perbankan seperti Informasi, Transfer, Pembayaran, Pembelian, Isi Ulang, dan lain-lain. Layanan ini mencakup Informasi Saldo Rekening BRI, Transfer Sesama Bank BRI, Informasi Saldo Rekening Bank Lain, Pembayaran PLN Pascabayar, Pembayaran PLN Prabayar, Pembayaran Kartu Kredit BRI, serta Pembayaran Cicilan.

Tahapan Cara Menjadi Agen BRILink

Proses pendaftaran dan menjadi agen BRILink ternyata cukup sederhana. Berikut adalah panduan dan prosedur yang dapat Anda lakukan untuk menjadi agen BRILink:

  1. Siapkan dokumen identitas seperti KTP dan NPWP, baik untuk nasabah perorangan maupun badan usaha.
  2. Bagi nasabah badan usaha, serahkan dokumen legalitas usaha seperti surat keterangan usaha dari RT/RW, surat izin usaha perdagangan (SIUP), surat izin tempat usaha (SITU), tanda daftar perusahaan (TDP), akta pendirian, atau surat izin usaha lain yang sah.
  3. Jika belum menjadi nasabah BRI, buka rekening BRI terlebih dahulu.
  4. Datang ke unit cabang BRI terdekat, lalu isi formulir pengajuan Agen BRILink dan perjanjian kerja sama Agen BRILink. Sertakan kelengkapan dokumen yang diperlukan.
  5. Setelah pengajuan disetujui, seorang petugas Agen BRILink akan membantu proses administrasi, melakukan instalasi aplikasi BRILink mobile, dan mengirimkan mesin EDC.
  6. Proses selesai, dan Anda resmi menjadi agen BRILink yang siap melayani nasabah BRI.
Baca juga:  Cara Mengajukan Pinjaman Kupedes ke Bank BRI Agar Cepat Diterima

Pertanyaan Umum seputar Cara Daftar Menjadi Agen BRILink

  1. Bagaimana cara mendaftar menjadi agen BRILink?
    Anda dapat mendaftar sebagai agen BRILink dengan menyiapkan dokumen identitas seperti KTP dan NPWP, serta dokumen legalitas usaha jika Anda mewakili badan usaha. Kemudian, datang ke unit cabang BRI terdekat untuk mengisi formulir pengajuan dan perjanjian kerja sama.
  2. Berapa modal yang diperlukan untuk menjadi agen BRILink?
    Modal yang diperlukan untuk menjadi agen BRILink berkisar antara Rp 3 juta hingga Rp 5 juta. Sebagian besar modal tersebut digunakan sebagai uang jaminan yang diblokir selama Anda menjadi agen.
  3. Apa saja layanan yang dapat diberikan oleh Agen BRILink?
    Agen BRILink dapat memberikan berbagai layanan perbankan melalui MiniATM, seperti informasi saldo, transfer, pembayaran tagihan PLN, pembelian pulsa, dan layanan lainnya.
  4. Apakah saya bisa menjadi agen BRILink jika saya belum menjadi nasabah BRI?
    Ya, Anda dapat menjadi agen BRILink meskipun belum menjadi nasabah BRI. Namun, Anda perlu membuka rekening BRI terlebih dahulu sebelum memulai proses pendaftaran.
  5. Bisakah saya mengganti lokasi usaha atau tempat tinggal tetap setelah menjadi agen BRILink?
    Tidak disarankan. Lokasi usaha atau tempat tinggal tetap yang telah terdaftar menjadi salah satu syarat umum untuk menjadi agen BRILink. Jika ada perubahan lokasi, sebaiknya informasikan kepada pihak Bank BRI untuk melakukan pembaruan data.

Akhir Kata

Demikianlah informasi seputar cara mendaftar agen BRILink beserta syarat dan modal yang diperlukan. Semoga panduan ini dapat membantu Anda yang berminat menjadi agen BRILink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *