Panduan Cara Gadai BPKB Mobil di Pegadaian Beserta Syaratnya

1 min read

Cara Gadai BPKB Mobil di Pegadaian – Mobil Anda mungkin menjadi salah satu harta terpenting yang Anda miliki setelah rumah. Ketika Anda membutuhkan dana cepat, menggadaikan BPKB mobil dapat menjadi solusi terbaik untuk memperolehnya. Lantas, apa saja syarat gadai BPKB mobil di Pegadaian yang perlu Anda ketahui?

Pada masa pandemi seperti sekarang, banyak orang mengalami kesulitan keuangan akibat menurunnya pendapatan dari usaha yang dijalankan. Beberapa orang bahkan kesulitan membayar tagihan pajak yang lebih besar dari yang diperkirakan atau biaya besar lainnya yang harus segera ditanggung.

Untuk mendapatkan dana dengan cepat, menggadaikan BPKB mobil adalah salah satu opsi yang dapat Anda pertimbangkan. Berikut adalah syarat-syarat yang perlu Anda penuhi untuk menggadaikan BPKB mobil di Pegadaian.

Syarat Gadai BPKB Mobil di Pegadaian

Sebelum mengajukan pinjaman dengan menggadaikan BPKB mobil, Anda perlu memenuhi persyaratan tertentu. Berikut adalah beberapa syarat yang perlu Anda perhatikan dan dilampirkan dalam proses pengajuan BPKB mobil di pegadaian:

Baca juga:  Cara Membuat Surat Asuransi Mobil Lengkap Beserta Persyaratannya

Baca Juga: Syarat dan Cara Menggadaikan BPKB Motor di Pegadaian Beserta Angsurannya

1. Memenuhi Berkas Persyaratan Gadai BPKB Mobil di Pegadaian

Anda perlu menyiapkan berkas-berkas berikut saat melakukan pengajuan:

  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang valid dari Calon Nasabah dan Pasangan
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Surat keterangan domisili (jika ada)
  • Fotokopi STNK
  • Fotokopi BPKB
  • Fotokopi Surat nikah/surat cerai
  • Fotokopi Pajak Bumi Bangunan (PBB)
  • Fotokopi Rekening Listrik
  • Surat Keterangan Usaha (SKU)
  • Bukti cek fisik kendaraan

2. Pastikan Usia Mobil Dibawah 15 Tahun dan Kondisinya Baik

Agar bisa digadaikan, mobil Anda harus berusia kurang dari 15 tahun dan dalam kondisi baik. Selain itu, kondisi mobil juga akan diinspeksi saat survei dilakukan.

3. Mobil Sebaiknya Atas Nama Sendiri

Nama pemilik asli yang tercantum di BPKB mobil secara valid dan sebaiknya sama dengan nama yang mengajukan pinjaman atau calon nasabah. Namun, jika belum sempat melakukan balik nama setelah pembelian, Anda masih bisa mengajukan dengan menyertakan kuitansi pembelian kendaraan.

Baca juga:  Persyaratan dan Cara Daftar KPR BRI Dengan Bunga Rendah

4. 1 Usaha dan 1 Jaminan Untuk 1 Pinjaman

Jika pinjaman digunakan untuk pengembangan usaha, Anda harus memiliki usaha yang sedang berjalan. Satu usaha hanya bisa mendapatkan satu pinjaman. Namun, jika Anda memiliki lebih dari satu usaha dengan Surat Keterangan Usaha dan jaminan yang berbeda, Anda bisa mendapatkan maksimal dua pinjaman.

5. Usaha Sudah Berjalan Lebih Dari 1 Tahun

Usaha yang diajukan sebagai jaminan sebaiknya sudah beroperasi selama lebih dari satu tahun dan jenis usahanya tidak terlarang. Tim Pegadaian akan melakukan survei untuk melihat langsung usaha yang dijalankan.

Cara Menggadaikan BPKB Mobil di Pegadaian

Setelah mengetahui syarat-syaratnya, penting juga untuk mengetahui langkah-langkah menggadaikan BPKB mobil di Pegadaian. Berikut adalah cara-cara yang perlu Anda lakukan untuk mengajukan pinjaman dengan menggadaikan BPKB mobil:

  1. Mendatangi kantor PT Pegadaian terdekat
  2. Membawa persyaratan yang diperlukan lengkap dengan barang yang akan digadaikan, dalam hal ini BPKB mobil
  3. Petugas Pegadaian akan melakukan penaksiran nilai kendaraan yang akan menjadi plafon pinjaman
  4. Setelah mendapatkan nilai taksiran dan Anda menyetujui nilai tersebut, Surat Bukti Kredit (SKB) akan dibuatkan oleh petugas Pegadaian
  5. Setelah SKB dibuatkan, Anda harus membayar biaya administrasi sekitar 10%
  6. Setelah itu, Anda dapat menunggu pencairan dana dengan estimasi waktu tiga hari
Baca juga:  Cara Klaim Asuransi Pendidikan Prudential Untuk Dana Pendidikan Anak

Kesimpulan

Dengan mengetahui syarat dan langkah-langkahnya, Anda dapat dengan mudah menggadaikan BPKB mobil di Pegadaian. Informasi ini diharapkan dapat membantu Anda yang sedang membutuhkan solusi dana cepat. Jangan ragu untuk mengajukan pinjaman dengan jaminan BPKB mobil jika Anda memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *