Cara Mengatasi BPJS Kesehatan Tidak Ditanggung Agar Aktif Kembali

2 min read

Bagaimana Cara Mengatasi BPJS Tidak Ditanggung – Menjadi peserta BPJS Kesehatan memberikan banyak manfaat, termasuk layanan kesehatan gratis. Namun, jika status kepesertaan Anda tidak aktif, Anda tidak dapat memanfaatkan layanan tersebut. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui cara mengatasi BPJS tidak ditanggung dengan mengaktifkan kembali status kepesertaan Anda.

Penyebab BPJS Tidak Ditanggung atau Tidak Aktif

Menunggak Iuran

Salah satu alasan utama keanggotaan BPJS menjadi tidak aktif adalah menunggak iuran. Tertinggalnya pembayaran iuran memerlukan penyelesaian tunggakan untuk mengaktifkan kembali status kepesertaan.

Resign atau Terkena PHK

Bagi peserta BPJS Penerima Upah (PPU), resign atau terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) dapat menyebabkan tidak aktifnya status kepesertaan. Pembayaran iuran menjadi tanggungan perusahaan, dan keluar dari perusahaan dapat mengakibatkan tidak aktifnya keanggotaan.

Berusia 21 Tahun

Status kepesertaan BPJS dapat menjadi tidak aktif ketika seseorang mencapai usia 21 tahun, terutama jika iuran menjadi tanggungan orang tua. Namun, beberapa kasus, seperti mahasiswa, dapat tetap aktif hingga usia 25 tahun.

Baca juga:  Berhenti Asuransi Allianz Apakah Uang Bisa Kembali? Bagaimana Caranya? Simak Ulasannya

Dianggap Memiliki Kemampuan untuk Membayar Iuran

Peserta BPJS Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang dianggap mampu membayar iuran secara mandiri dapat mengakibatkan tidak aktifnya status kepesertaan. Ini berlaku untuk yang terdaftar sebagai penerima bantuan pemerintah di Kementerian Sosial.

Cara Mengaktifkan Kembali Status Kepesertaan BPJS Kesehatan

1. Verifikasi Status BPJS Kesehatan Anda

Kunjungi kantor BPJS Kesehatan atau gunakan layanan online resmi melalui situs web atau aplikasi BPJS Kesehatan. Masukkan nomor BPJS Kesehatan atau nomor Kartu Keluarga untuk memeriksa status Anda.

2. Bayar Tunggakan Iuran

Jika ada tunggakan iuran, Anda perlu membayar semua tunggakan tersebut. Kunjungi kantor BPJS Kesehatan atau gunakan layanan pembayaran di bank atau secara online.

3. Pilih Cara Pembayaran

Anda dapat membayar tunggakan iuran melalui kantor BPJS Kesehatan, bank, atau layanan pembayaran online. Pastikan untuk menyimpan bukti pembayaran iuran BPJS yang sudah Anda bayarkan sebagai referensi.

4. Konfirmasi Pembayaran

Setelah membayar, konfirmasikan pembayaran Anda melalui layanan online BPJS Kesehatan atau langsung ke petugas. Pastikan pembayaran Anda tercatat dengan baik.

Baca juga:  Farm Insurance Coverage: Comprehensive Protection for Farmers

5. Aktifkan Kembali BPJS Kesehatan Anda

Ajukan permintaan kepada petugas BPJS Kesehatan untuk mengaktifkan kembali status kepesertaan Anda. Mereka akan memeriksa data dan mengonfirmasi pembayaran sebelum mengaktifkan kembali status Anda.

6. Perbarui Data Anda

Jika ada perubahan data pribadi, seperti alamat atau nomor telepon, beri tahu BPJS Kesehatan agar informasi yang mereka miliki tetap terkini.

Hal yang Sering Ditanyakan

Berikut dibawah ini adalah pertanyaan umum seputar Cara Mengatasi BPJS Tidak Ditanggung, antara lain:

  1. Apa penyebab utama BPJS tidak aktif?
    Penyebab utama BPJS tidak aktif adalah tunggakan pembayaran iuran, resign atau PHK, mencapai usia 21 tahun, dan dianggap mampu membayar iuran bagi peserta PBI.
  2. Bagaimana cara verifikasi status BPJS Kesehatan secara online?
    Anda dapat melakukan verifikasi status BPJS Kesehatan secara online melalui situs web atau aplikasi resmi BPJS Kesehatan dengan memasukkan nomor BPJS atau nomor Kartu Keluarga.
  3. Apakah saya perlu membayar tunggakan iuran secara penuh?
    Ya, Anda perlu membayar semua tunggakan iuran agar status kepesertaan dapat diaktifkan kembali.
  4. Apakah ada batasan usia untuk keanggotaan BPJS Kesehatan?
    Meskipun status kepesertaan bisa menjadi tidak aktif pada usia 21 tahun, beberapa kasus, seperti mahasiswa, dapat tetap aktif hingga usia 25 tahun.
  5. Bisakah saya mengaktifkan kembali BPJS Kesehatan lewat WhatsApp?
    Tidak, untuk mengaktifkan kembali BPJS Kesehatan, Anda perlu mengunjungi kantor BPJS Kesehatan atau menggunakan layanan online resmi mereka.
Baca juga:  Cara Mudah Menghitung Biaya Premi Asuransi Kesehatan Prudential

Akhir Kata

Mengaktifkan kembali BPJS Kesehatan yang tidak aktif mungkin agak rumit, tetapi manfaat jangka panjangnya sangat berharga. Dengan keanggotaan yang aktif, Anda dapat mengakses layanan kesehatan terjangkau dan mengurangi risiko kesehatan. Ikuti langkah-langkah di atas dengan cermat dan aktifkan kembali BPJS Kesehatan Anda segera agar Anda dan keluarga dapat terus mendapatkan perlindungan kesehatan yang penting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *