Cara Perpanjang Gadai Emas di Pegadaian Dengan Cepat dan Berhasil

2 min read

Cara Perpanjang Gadai Emas di Pegadaian – Anda kini dapat dengan mudah melakukan perpanjangan gadai emas secara online melalui Pegadaian, berkat kemajuan teknologi yang semakin pesat. Gadai emas menjadi salah satu solusi yang banyak dipilih oleh mereka yang membutuhkan dana mendesak. Namun, masih banyak orang yang belum mengetahui proses perpanjangan gadai emas di Pegadaian.

Sistem Gadai Emas di Pegadaian

Gadai emas merupakan metode untuk mendapatkan pinjaman dengan menggunakan emas sebagai jaminan. Di Pegadaian, Anda bisa mendapatkan pinjaman dari PT Pegadaian (Persero) dengan menjadikan emas sebagai jaminan. Proses gadai emas di Pegadaian mirip dengan menggadaikan BPKB atau jaminan lainnya, namun yang dijaminkan adalah emas batangan atau perhiasan.

Jika emas yang Anda miliki memenuhi syarat, Anda dapat memperoleh pinjaman sesuai dengan nilai taksirannya. Sebagai contoh, jika Anda memiliki emas senilai Rp5.000.000 dan menggadaikannya dengan pembiayaan Gadai Bisnis, nilai gadainya adalah sebesar 86,5%. Artinya, Anda dapat memperoleh uang sebesar 86,5% dari Rp5.000.000, yaitu Rp4.325.000.

Persyaratan Gadai Emas di Pegadaian

Persyaratan untuk gadai emas di Pegadaian meliputi KTP/SIM/Paspor dan barang jaminan (emas batangan, perhiasan, dan KK). Selain itu, terdapat beberapa jenis pembiayaan gadai emas di Pegadaian, antara lain:

Kredit Cepat dan Aman Prima (KCA Prima)

KCA Prima menawarkan pinjaman tanpa bunga atau 0 persen dengan tenor pinjaman yang hanya selama dua bulan. Untuk persyaratan dari KCA Prima sendiri, Anda hanya perlu melampirkan e-KTP yang sudah terdaftar di Disdukcapil dan valid.

Baca juga:  Begini Cara Klaim Asuransi Mobil Kecelakaan Dengan Mudah Agar Disetujui

Baca Juga: Cara Menggadaikan Emas di Pegadaian Beserta Syarat dan Tarifnya

Kredit Cepat dan Aman (KCA)

KCA melayani merupakan jenis pembiayaan gadai di Pegadaian dengan pembiayaan tenor pinjaman selama empat bulan (bisa diperpanjang). Selain persyaratan di atas, nasabah KCA juga harus menandatangani Surat Bukti Gadai.

Krasida

Krasida melayani segala sistem angsuran dengan nilai gadai hingga sebanyak 95 persen dari nilai taksir pinjaman. Tenornya berlangsung sampai tiga tahun dan persyaratannya termasuk KTP dan bukti emas.

Gadai Bisnis

Gadai bisnis merupakan jenis pembiayaan gadai emas di Pegadaian yang dikhususkan untuk usaha. Adapun untuk persyaratan dari gadai bisnis meliputi pembayaran administrasi sebesar Rp100.000, selain itu juga mendapatkan uang pinjaman 86,5% dari harga emas, dan plafon maksimum Rp100.000.000.

Berapa Biaya Gadai Emas di Pegadaian?

Setelah memenuhi beberapa persyaratan untuk melakukan peminjaman uang dengan gadai emas di Pegadaian, biasannya Pegadaian akan menjelaskan mengenai biaya administrasi dan titip gadainya. Besaran biayanya disesuaikan dengan jumlah pinjaman, semakin besar pinjaman, maka biaya administrasinya akan semakin tinggi.

Contoh, jika Anda menggadaikan emas untuk meminjam uang sebesar Rp2.760.000 dalam jangka waktu empat bulan, biaya sewa modal selama 15 hari adalah 1,150 persen. Dalam hal ini total biaya sewa modal selama empat bulan sebanyak 9,2 persen dari nilai pinjaman yang Anda ajukan. Maka, total biaya pelunasan yang harus disetorkan sekitar Rp3.014.000 dengan tambahan biaya administrasi sebesar Rp35.000.

Baca juga:  Cara Daftar Produk Asuransi Simas Sehat Executive di Asuransi Sinar Mas

Cara Memperpanjang Gadai Emas di Pegadaian

Saat menggadaikan emas, Anda diberikan waktu hingga empat bulan untuk melunasi. Selama periode tersebut, Anda dapat mencicilnya hingga lunas, dan membayar biaya administrasi yang telah ditetapkan. Namun, jika tidak dapat melunasi hingga jatuh tempo, Anda dapat melakukan perpanjangan gadai emas untuk empat bulan berikutnya.

Masa tenggat waktu ini sangat penting, jangan sampai Anda melewatkan waktu tersebut. Jika tidak melakukan perpanjangan, emas yang Anda gadaikan dapat dilelang oleh Pegadaian. Informasi mengenai waktu jatuh tempo dapat Anda temukan di Surat Bukti Kredit.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Gadai Emas

Memilih untuk menggadaikan emas adalah keputusan yang tepat ketika Anda membutuhkan dana mendesak. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dan tips saat melakukan gadai emas di Pegadaian:

Persyaratan Administrasi Lengkap

Pastikan persyaratan administrasi lengkap, karena jika tidak lengkap, permohonan gadai emas dapat ditolak oleh Pegadaian.

Tidak Melewati Masa Tenggang

Bayarlah cicilan tepat waktu sesuai dengan yang telah disepakati. Ini berlaku untuk pembiayaan dengan sistem tempo, pastikan Anda mampu melunasi cicilan saat jatuh tempo.

Cara Menebus Gadai Emas di Pegadaian

Cara menebus gadai emas di Pegadaian cukup mudah. Hubungi pihak Pegadaian jika Anda ingin menebus emas tersebut. Pemberitahuan dapat dilakukan melalui telepon atau kunjungan langsung ke kantor cabang Pegadaian tempat Anda menggadaikan emas.

Baca juga:  Asuransi Jiwa BRI Syariah: Pengertian, Produk, Cara Daftar dan Cek Polis

Pada hari berikutnya, bawa uang sesuai dengan jumlah pinjaman saat menggadaikan emas. Anda juga perlu memastikan untuk membawa identitas diri, bukti transaksi penerimaan uang, dan Surat Bukti Kredit untuk keperluan penebusan emas di Pegadaian. Selanjutnya, serahkan dokumen tersebut ke petugas Pegadaian, dan Anda dapat langsung membawa pulang emas milik Anda.

Perbedaan Gadai Emas di Pegadaian dan Bank Syariah

Selain Pegadaian, Anda juga dapat menggadaikan emas di bank syariah. Beberapa bank syariah saat ini menerima gadai logam mulia dan emas. Persyaratan dan administrasinya tidak berbeda antara Pegadaian dan bank syariah.

Namun, terdapat perbedaan dalam jumlah pinjaman yang dapat Anda peroleh. Jika menggunakan logam mulia, Anda dapat mendapatkan hingga 90 persen dari harga logam mulia. Sementara untuk gadai emas, Anda dapat mendapatkan hingga 85 persen dari harga aslinya.

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan mengenai cara memperpanjang gadai emas di Pegadaian dengan mudah dan dijamin berhasil. Gadai emas di Pegadaian merupakan solusi terbaik bagi Anda yang membutuhkan dana cepat. Jangan ragu untuk memanfaatkannya dan pastikan Anda mengelola dengan baik agar terhindar dari risiko yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *