Cara Sukses Jadi Agen BRILink, Agen BRILink Ini Terapkan Inovasi Unik Mendatangkan Rejeki

4 min read

Cara Sukses Jadi Agen BRILink – Anda yang tengah mencari peluang usaha dengan modal terjangkau, menjadi agen BRILink bisa menjadi pilihan yang menjanjikan. BRI membuka peluang untuk menjadi mitra lewat agen BRILink dengan syarat yang tidak terlalu sulit. Dalam artikel ini, kita akan membahas kisah sukses beberapa agen BRILink, tugas petugas agen BRILink, serta manfaat, keuntungan, dan risiko yang mungkin Anda hadapi sebagai seorang agen BRILink.

Apa Itu Agen BRILink?

Agen BRILink, atau yang dikenal sebagai BRILink, merupakan perluasan layanan perbankan tanpa kantor yang diinisiasi oleh Bank BRI. Layanan ini hadir sebagai respons terhadap meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap aktivitas transaksi keuangan, sambil memperhitungkan keterbatasan waktu atau jarak ke bank atau ATM yang seringkali menjadi hambatan.

Agen BRILink memberikan kemudahan akses ke layanan perbankan dengan melayani transaksi secara real-time online menggunakan Electronic Data Capture (EDC) BRI atau aplikasi BRILink Mobile. Biaya transaksi yang dikenakan kepada pelanggan menjadi pendapatan bagi agen, dengan konsep pembagian fee atau sharing fee.

Kisah Sukses Para Pemilik Agen BRILink

Bagaimana kisah sukses agen BRILink dalam mengelola usaha mereka? Mari kita lihat contoh dari Puji Setiyana dan Guyub Nurbian, pasangan suami istri yang memiliki konter pulsa dan HP sejak 2010 di Jakarta Pusat.

Pada awalnya, mereka menjual HP buatan China dengan harga terjangkau di bawah Rp1 juta. Keberhasilan mereka semakin meningkat ketika Bank BRI memberikan mesin EDC pada tahun 2014. Mesin ini memberikan keunggulan karena selain menjual pulsa, konter mereka bisa memberikan layanan perbankan BRI seperti transfer dan pembayaran tagihan.

Meski dihadapkan dengan kehadiran banyak agen BRILink di sekitarnya, Puji Setiyana mengatasi tantangan tersebut dengan inovasi. Dia memberikan promo bagi pelanggan yang melakukan sejumlah transaksi dengan mesin EDC, menarik lebih banyak pembeli dan meningkatkan transaksi di konternya.

Sosok wanita asal Banjarmasin, Santi Anggraini, juga berhasil menggabungkan usaha petani dan peternak dengan menjadi agen BRILink. Awalnya tidak tahu apa itu agen BRILink, namun melalui tawaran dari BRI, Santi melihat peluang untuk membantu masyarakat di sekitarnya terbebas dari rentenir.

Baca juga:  Panduan Cara Investasi Reksadana BRI Keuntungan Beserta Risikonya

Modal awal Santi sebagai agen BRILink dan agen Ultra Mikro (UMi) hanya Rp10 juta. Dalam dua tahun, penghasilannya meningkat, melayani hingga 1.500 transaksi per bulan dengan pendapatan rata-rata Rp4 juta. Santi berhasil menjadi agen jawara dan meraih penghargaan dari BRI.

Tugas Petugas Agen BRILink

Sebagai agen BRILink, Anda akan memiliki beberapa tugas yang perlu dilaksanakan dengan baik:

  1. Melayani transaksi perbankan seperti setor dan tarik tunai, transfer, pembayaran tagihan, dan layanan perbankan lainnya kepada masyarakat.
  2. Menggunakan Electronic Data Capture (EDC) BRI atau aplikasi BRILink Mobile untuk memproses transaksi secara real-time online.
  3. Memberikan pelayanan prima kepada pelanggan dan menjelaskan cara penggunaan layanan BRILink.
  4. Mempromosikan layanan BRILink dan menjalankan inovasi untuk meningkatkan jumlah transaksi.
  5. Menjaga keamanan dan ketersediaan mesin EDC atau aplikasi BRILink Mobile.

Manfaat Menjadi Agen BRILink

Menjadi agen BRILink memberikan berbagai manfaat yang bisa Anda nikmati. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dengan menjadi anggota agen BRILink:

  1. Peluang Mendapatkan Pemasukan Tambahan: Agen akan menerima pendapatan dari setiap transaksi dengan sistem bagi hasil 50:50. Dengan fee sebesar Rp5.000 per transaksi, ini dapat menjadi sumber pendapatan yang cukup menguntungkan.
  2. Fleksibilitas Bisnis: Agen BRILink dapat dijalankan bersamaan dengan usaha lain yang sudah Anda miliki, seperti toko kelontong atau penjualan voucher pulsa. Ini memberikan peluang untuk memperluas jangkauan bisnis Anda tanpa harus meninggalkan usaha yang sudah mapan.
  3. Pendampingan Langsung dari Pihak Bank: Anda akan mendapatkan pendampingan langsung dari pihak bank. Ini membantu Anda mengatasi berbagai kendala yang mungkin dihadapi sebagai agen.
  4. Manfaat Asuransi Keagenan: Jika terjadi musibah seperti kecelakaan atau kebakaran di tempat usaha, Anda akan mendapatkan perlindungan sesuai dengan ketentuan asuransi yang berlaku.

Tidak hanya manfaat saja, ada keuntungan dan resiko menjadi agen BRILink yang perlu Anda ketahui.

Keuntungan Menjadi Agen BRILink

Berbagai keuntungan menanti bagi Anda yang memutuskan menjadi agen BRILink. Selain mendapatkan fee dari setiap transaksi yang dilayani, berikut adalah beberapa keuntungan lainnya:

  1. Pelengkap Usaha yang Sudah Ada: Agen BRILink dapat digunakan sebagai pelengkap usaha yang sudah ada, seperti toko kelontong atau penjualan voucher pulsa.
  2. Keuntungan Finansial dengan Modal yang Tidak Terlalu Besar: Agen BRILink dapat memberikan keuntungan finansial dengan modal yang tidak terlalu besar. Agen BRILink mobile bahkan hanya memerlukan smartphone sebagai alat transaksi.
  3. Proses Setor dan Tarik Tunai Tanpa Mesin EDC: Agen BRILink memiliki fleksibilitas untuk melakukan proses setor dan tarik tunai tanpa harus memiliki mesin EDC, sehingga mempermudah transaksi di lokasi yang tidak memiliki akses listrik.
Baca juga:  Cara Daftar dan Klaim Asuransi PRUCorporate Prudential, Tips Agar Klaim Cepat Diterima

Cara Sukses Menjadi Agen BRILink

Untuk meraih kesuksesan sebagai agen BRILink, berikut adalah beberapa tips dan cara yang dapat Anda terapkan:

  1. Maksimalkan Lokasi dan Kenali Pasar: Pilih lokasi usaha yang strategis dan kenali kebutuhan pasar di sekitar Anda. Dengan memahami karakteristik konsumen, Anda dapat menyediakan layanan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
  2. Berikan Pelayanan Prima: Tingkatkan pelayanan kepada pelanggan. Ajarkan cara menggunakan layanan BRILink dengan baik dan berikan solusi terbaik bagi mereka. Dengan memberikan pelayanan prima, pelanggan akan merasa puas dan kembali menggunakan layanan Anda.
  3. Manfaatkan Dukungan dari Bank: Gunakan dukungan yang diberikan oleh pihak bank. Ikuti pelatihan dan pendampingan yang disediakan untuk memahami tata cara operasional dan memaksimalkan potensi usaha Anda.
  4. Promosikan Layanan dengan Inovasi: Berikan promo atau inovasi menarik untuk menarik perhatian pelanggan. Penggunaan media sosial atau promosi lokal dapat menjadi cara efektif untuk memasarkan layanan BRILink Anda.
  5. Maintain Mesin dan Aplikasi dengan Baik: Pastikan mesin EDC atau aplikasi BRILink Mobile selalu dalam kondisi baik. Periksa secara berkala untuk memastikan kelancaran transaksi dan keamanan data pelanggan.

Risiko Menjadi Agen BRILink

Meski menawarkan berbagai keuntungan, menjadi agen BRILink juga membawa risiko tertentu yang perlu diwaspadai:

  1. Dana Dibekukan Sebagai Uang Jaminan: Sejumlah dana akan dibekukan sebagai uang jaminan, tergantung apakah Anda memiliki rekening pinjaman di BRI atau tidak.
  2. Kewajiban Menjalankan Usaha Sepenuhnya: Agen BRILink bertanggung jawab sepenuhnya terhadap operasional usahanya. Ini dapat memerlukan modal tambahan dan waktu yang cukup untuk menjalankan usaha dengan baik.
  3. Target Transaksi Bulanan: Adanya target transaksi bulanan yang perlu dicapai. Jika target tidak tercapai, agen dapat dikenakan penalty setelah masa grace period enam bulan.
Baca juga:  Cara Mendaftar BPJS Kesehatan Mandiri Beserta Manfaatnya

Cara Daftar Agen BRILink Mobile

Bagi Anda yang tertarik menjadi agen BRILink, berikut adalah langkah-langkah cara daftar agen BRILink Mobile:

  1. Mengisi Formulir Pendaftaran: Isi formulir pendaftaran agen BRILink Mobile yang tersedia di kantor cabang Bank BRI atau melalui aplikasi resmi BRI.
  2. Melengkapi Persyaratan: Siapkan dokumen persyaratan yang dibutuhkan, seperti identitas diri, NPWP, dan dokumen pendukung lainnya.
  3. Verifikasi Data: Lakukan verifikasi data pendaftaran di kantor cabang BRI terdekat atau melalui petugas yang ditunjuk.
  4. Pelatihan: Ikuti pelatihan yang disediakan oleh pihak bank untuk memahami tata cara operasional sebagai agen BRILink.
  5. Aktivasi Agen: Setelah proses verifikasi dan pelatihan selesai, agen BRILink Mobile akan diaktivasi dan dapat mulai melayani transaksi.

Pertanyaan Umum seputar Cara Sukses Menjadi Agen BRILink

  1. Apa Manfaat yang Bisa Saya Dapatkan sebagai Agen BRILink?
    Anda dapat memperoleh pemasukan tambahan dari setiap transaksi yang dilakukan, mendapatkan fee sebesar Rp5.000 per transaksi, mendapat dukungan langsung dari pihak bank, dan mendapatkan asuransi keagenan.
  2. Bagaimana Cara Mendapatkan Keuntungan Finansial sebagai Agen BRILink?
    Anda dapat meraih keuntungan finansial dengan menjadi agen BRILink, baik melalui modal yang tidak terlalu besar, pelengkap usaha yang sudah ada, atau proses setor dan tarik tunai tanpa mesin EDC.
  3. Apakah Ada Risiko Menjadi Agen BRILink?
    Ya, ada risiko seperti dana yang dibekukan sebagai uang jaminan, kewajiban menjalankan usaha sepenuhnya, dan adanya target transaksi bulanan yang perlu dicapai.
  4. Apakah Saya Perlu Membuka Usaha Lain Selain Menjadi Agen BRILink?
    Tidak wajib, namun menjadi agen BRILink dapat menjadi pelengkap usaha yang sudah ada, membuka peluang untuk memperluas bisnis Anda.
  5. Bagaimana Cara Mengatasi Risiko yang Mungkin dihadapi sebagai Agen BRILink?
    Penting untuk memiliki persiapan finansial, memahami dengan baik aturan dan target transaksi yang berlaku, serta memanfaatkan dukungan dari pihak bank.

Kesimpulan

Demikianlah gambaran mengenai menjadi agen BRILink, lengkap dengan kisah sukses, manfaat, keuntungan, dan risikonya. Jika Anda tertarik, Anda bisa mengikuti langkah-langkah pendaftaran dan mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan dan meraih kesuksesan sebagai agen BRILink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *