Ketahui Manfaat, Keuntungan, dan Risiko Menjadi Agen BRILink Sebelum Mendaftar

3 min read

Manfaat, Keuntungan, dan Risiko Menjadi Agen BRILink – Anda mungkin bertanya-tanya tentang cara menjadi agen BRILink dan apa saja manfaat, keuntungan, serta risikonya. Sebelumnya, perlu kita pahami bahwa agen BRILink merupakan mitra kerja dari Bank BRI yang memainkan peran penting dalam menyediakan layanan perbankan kepada masyarakat. Artikel ini akan membahas secara detail tentang cara menjadi agen BRILink, layanan yang tersedia, manfaat, keuntungan, dan risiko yang mungkin dihadapi.

Layanan yang Tersedia di Agen BRILink

Agen BRILink menyediakan berbagai layanan perbankan yang memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi tanpa harus pergi ke bank. Ini termasuk transfer uang, setor tunai, tarik tunai, pembayaran tagihan, dan banyak lagi. Agen BRILink biasanya sangat dibutuhkan di daerah pelosok yang jauh dari ATM BRI atau kantor cabang BRI, memungkinkan masyarakat setempat untuk mengakses layanan perbankan dengan mudah.

Daftar layanan Agen BRILink mencakup;

  • Transfer antar rekening BRI
  • Transfer dari BRI ke bank lain
  • Top up BRIZZI, setor dan tarik tunai
  • Pembayaran belanja online
  • Pembayaran iuran BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan
  • Pembayaran zakat
  • Pembayaran listrik dan PDAM
  • Pembelian pulsa
  • Pembelian voucher games
  • Pencairan Ultra Mikro Pasar BRILink
  • Pembelian tiket bus dan kapal ASDP
  • Top up tabungan emas.

Cara Menjadi Agen BRILink

Mengutip informasi dari laman resmi Bank BRI, menjadi agen BRILink dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Mempersiapkan dokumen yang diperlukan, seperti KTP dan NPWP untuk nasabah perorangan, atau dokumen legalitas usaha jika mewakili badan usaha.
  2. Bagi nasabah badan usaha, menyerahkan dokumen legalitas usaha seperti surat keterangan usaha dari RT/RW, surat izin usaha perdagangan (SIUP), surat izin tempat usaha (SITU), tanda daftar perusahaan (TDP), akta pendirian, atau surat izin usaha lain yang sah.
  3. Jika belum menjadi nasabah BRI, membuka rekening BRI terlebih dahulu.
  4. Menyampaikan dokumen dan mengisi formulir pengajuan Agen BRILink serta perjanjian kerja sama.
  5. Setelah pengajuan disetujui, seorang petugas Agen BRILink akan membantu proses administrasi, melakukan instalasi aplikasi BRILink mobile, dan mengirimkan mesin EDC.
  6. Proses selesai, dan Anda resmi menjadi agen BRILink yang siap melayani nasabah BRI.
Baca juga:  5+ Aplikasi Penghasil Uang 100 Ribu Perhari Resmi OJK dan Tepercaya

Untuk informasi lebih lengkap tentang cara daftar agen BRILink beserta persyaratan dokumen yang perlu dipersiapkan, bisa klik disini.

Manfaat Menjadi Agen BRILink

Setelah Anda menjadi agen BRILink, Anda dapat menikmati beberapa manfaat sebagai berikut:

  1. Pemasukan Tambahan: Agen BRILink akan mendapatkan pendapatan dari setiap transaksi yang dilayani dengan sistem bagi hasil 50:50. Ini menjadi sumber pemasukan tambahan bagi Anda.
  2. Peluang Usaha: Agen BRILink dapat menjadi pelengkap dari bisnis yang sudah Anda jalani. Misalnya, jika Anda memiliki usaha toko kelontong atau penjualan voucher pulsa, menjadi agen BRILink dapat memperluas cakupan bisnis Anda.
  3. Pendampingan dari Bank: Menjadi agen BRILink juga memberikan Anda pendampingan langsung dari pihak bank. Ini memberikan rasa aman dan dukungan jika terjadi kendala atau masalah.
  4. Asuransi Keagenan: Sebagai agen BRILink, Anda juga akan mendapatkan asuransi keagenan. Ini melindungi Anda dari risiko seperti kecelakaan atau kebakaran di tempat usaha.
Baca juga:  Begini Cara Mengaktifkan Asuransi Shopee Untuk Perlindungan Pengiriman

Keuntungan Menjadi Agen BRILink

Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda peroleh sebagai agen BRILink:

  1. Pendapatan dari Setiap Transaksi: Agen BRILink mendapatkan fee dari setiap transaksi yang dilayani. Tarif yang dikenakan biasanya sekitar Rp5.000 per transaksi, memberikan potensi pendapatan yang menarik.
  2. Pelangkap Usaha: Menjadi agen BRILink dapat digunakan sebagai pelengkap dari bisnis yang sudah Anda jalani. Ini memberikan diversifikasi dan peluang bisnis yang lebih luas.
  3. Modal yang Terjangkau: Keuntungan lainnya adalah menjadi agen BRILink tidak membutuhkan modal besar. Bahkan, untuk agen BRILink mobile, Anda hanya memerlukan smartphone tanpa perlu alat EDC.
  4. Dukungan Teknologi: Agen BRILink dapat memanfaatkan teknologi informasi untuk memudahkan proses transaksi. Ini memberikan keuntungan dalam hal efisiensi dan kenyamanan.

Risiko Jadi Agen BRILink

Sebagai agen BRILink, ada beberapa risiko atau tantangan yang mungkin dihadapi. Penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor ini sebelum memutuskan menjadi agen BRILink:

  1. Dana sebesar Rp3 juta akan dibekukan sebagai uang jaminan jika Anda tidak memiliki rekening pinjaman di BRI. Jika sudah memiliki rekening tersebut, dana yang dibekukan hanya sebesar Rp500.000.
  2. Kegiatan usaha sepenuhnya diserahkan kepada agen. Ini mungkin membutuhkan modal tambahan untuk memperlancar operasional usaha.
  3. Adanya target transaksi bulanan, di mana agen perlu mencapai 200 transaksi setiap bulan. Jika target tidak tercapai, agen dapat dikenakan penalty setelah masa grace period enam bulan.
Baca juga:  Cara Investasi Reksadana di Bank Mandiri Menggunakan Aplikasi Livin' by Mandiri

Pertanyaan Umum seputar Manfaat, Keuntungan, dan Risiko Menjadi Agen BRILink

  1. Apa manfaat yang bisa saya dapatkan sebagai agen BRILink?
    Anda dapat memperoleh pemasukan tambahan dari setiap transaksi yang dilakukan, mendapatkan fee sebesar Rp5.000 per transaksi, mendapat dukungan langsung dari pihak bank, dan mendapatkan asuransi keagenan.
  2. Bagaimana cara mendapatkan keuntungan finansial sebagai agen BRILink?
    Anda dapat meraih keuntungan finansial dengan menjadi agen BRILink, baik melalui modal yang tidak terlalu besar, pelengkap usaha yang sudah ada, atau proses setor dan tarik tunai tanpa mesin EDC.
  3. Apakah ada risiko menjadi agen BRILink?
    Ya, ada risiko seperti dana yang dibekukan sebagai uang jaminan, kewajiban menjalankan usaha sepenuhnya, dan adanya target transaksi bulanan yang perlu dicapai.
  4. Apakah saya perlu membuka usaha lain selain menjadi agen BRILink?
    Tidak wajib, namun menjadi agen BRILink dapat menjadi pelengkap usaha yang sudah ada, membuka peluang untuk memperluas bisnis Anda.
  5. Bagaimana cara mengatasi risiko yang mungkin dihadapi sebagai agen BRILink?
    Penting untuk memiliki persiapan finansial, memahami dengan baik aturan dan target transaksi yang berlaku, serta memanfaatkan dukungan dari pihak bank.

Kesimpulan

Demikianlah gambaran mengenai menjadi agen BRILink, lengkap dengan manfaat, keuntungan, dan risikonya. Apabila Anda tertarik untuk menjadi agen BRILink, pastikan untuk memenuhi semua persyaratan dan siapkan diri untuk menghadapi tantangan yang mungkin muncul. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda yang sedang mempertimbangkan peluang menjadi agen BRILink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *