Rekomendasi Font Arab yang Bagus untuk Menulis di Microsoft Word

2 min read

Font Arab Keren – Menulis dalam Bahasa Arab di Microsoft Office Word mungkin terasa sedikit rumit, terutama bagi pemula. Namun, dengan kebutuhan yang mendorong, penting bagi Anda untuk terus belajar agar dapat menulis Bahasa Arab dengan baik dan efisien. Pada artikel ini, kami akan membagikan beberapa font Arab yang bagus dan mudah dibaca ketika digunakan di Microsoft Word, baik untuk makalah, skripsi, maupun penulisan soal.

Sebelum melangkah lebih jauh, pastikan Anda telah mengaktifkan Arabic Keyboard di PC atau laptop yang akan digunakan untuk menulis Bahasa Arab di Microsoft Word nantinya. Beriku dibawah ini adalah cara mudah untuk mengaktifkan keyboard Arab di Windows 7 sampai 11.

Cara Mengaktifkan Keyboard Arab di Windows

Sebelum Anda dapat menulis dengan font Arab keren di Word, Anda perlu mengaktifkan keyboard Arab terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya tergantung pada versi Windows yang Anda gunakan:

Windows 7

  • Buka Control Panel di perangkat laptop atau PC
  • Pilih Regional and Language Settings
  • Jendela baru akan terbuka, klik Keyboard and Languages, lalu klik Change Keyboards.
  • Lalu akan muncul jendela Text Services and Input Languages, klik Add
  • Untuk menjadikan keyboard Arab, pilih Arabic (Saudi Arabia), dan centang Arabic [101].
  • Terakhir, klik Apply.
Baca juga:  Cara Mudah Daftar Asuransi Simas Mobil, Proteksi Mobil Anda dengan Asuransi Sinar Mas

Windows 8 – 11

  • Masuk ke Language Settings di perangkat laptop atau PC
  • Klik Add Language untuk menentukan bahasa
  • Kemudian silahkan pilih Saudi Arabia.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas untuk mengaktifkan keyboard bahasa Arab, Anda akan dapat menulis Bahasa Arab di Microsoft Word dengan lebih mudah.

Font Arab yang Bagus untuk Menulis di MS Word dan Mudah Dibaca

Ada banyak jenis font di dunia ini, namun berikut adalah beberapa contoh font Arab yang bagus dan mudah dibaca ketika digunakan di Microsoft Word:

Traditional Arabic Font

Font Arab bawaan Windows ini mudah dibaca saat digunakan di Word. Digunakan sebagai font default untuk menulis skripsi dengan Bahasa Arab, terutama di jenjang S1. Traditional Arabic memiliki kelebihan, antara lain:

  • Bisa menulis lafadz Allah secara otomatis dan sempurna.
  • Mudah dicetak dengan hasil cetak yang rapi.
  • Format tidak akan berubah saat dibuka di komputer lain dengan versi Word yang berbeda.
  • Tidak perlu memasang font secara manual, sudah termasuk dengan Windows.
Baca juga:  Inilah Trik Cara Mendapatkan Uang dari ySense $5 Perhari

Arabic Typesetting

Font Arab lain yang mudah dibaca adalah Arabic Typesetting. Meskipun Traditional Arabic sering menjadi pilihan utama, Arabic Typesetting juga dapat digunakan jika ingin variasi gaya tulisan. Memang apabila diamati sekilas kedua font Arab tersebut hampir memiliki karakteristik dan keunggulan yang sama.

Font Arab Lainnya yang Mudah Dibaca

Selain dua font di atas, terdapat tiga font lain yang juga mudah dibaca di Word, yaitu:

  • Microsoft Uighur
  • Adobe Arabic
  • Adobe Naskh Medium

Font-font ini dapat diunduh di situs Dianisa.com dan diekstrak menggunakan ZIP atau WinRAR. Dengan mengetahui font Arab yang bagus, Anda dapat menulis dengan lebih lancar dan efisien dalam Bahasa Arab di Microsoft Word. Apalagi khususnya bagi Anda yang memang membutuhan menulis menggunakan bahasa Arab di Microsoft Word untuk keperluan akademik seperti proposal, skripsi, dan sejenisnya.

Baca juga:  Rekomendasi Game Penghasil PayPal Langsung Withdraw Terbaru 2024

Kesimpulan

Menulis dalam Bahasa Arab di Microsoft Word bisa menjadi lebih mudah dengan pemilihan font yang tepat. Traditional Arabic dan Arabic Typesetting adalah dua pilihan font bawaan Windows yang mudah digunakan. Dengan mengaktifkan Arabic Keyboard dan mengikuti langkah-langkah yang disediakan, Anda dapat menulis Bahasa Arab dengan lebih efisien.

Dengan menggunakan font Arab yang bagus, Anda dapat memastikan bahwa tulisan Anda terlihat rapi dan mudah dibaca. Mulailah eksplorasi dan temukan font Arab favorit Anda untuk menulis dengan gaya yang sesuai dengan preferensi Anda. Semoga artikel ini membantu Anda dalam menemukan font Arab yang cocok untuk kebutuhan menulis Bahasa Arab di Microsoft Word. Selamat menulis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *