Persyaratan dan Cara Daftar KPR BRI Dengan Bunga Rendah

2 min read

Cara Daftar KPR BRI – Bank BRI, sebagai salah satu bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN), menawarkan fasilitas Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) dengan bunga kompetitif. Dalam upaya untuk memenuhi kebutuhan perumahan, terdapat dua jenis KPR BRI yang bisa anda pilih.

Kedua jenis tersebut adalah KPR biasa untuk masyarakat umum dan KPR bersubsidi dari pemerintah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) agar mereka dapat memiliki hunian layak tinggal. Untuk Anda yang berencana mengajukan KPR, berikut adalah informasi mengenai syarat-syarat KPR BRI yang perlu anda ketahui.

Jenis Program KP BRI

1. Program KPR Non Subsidi BRI

Melalui program KPR BRI, anda dapat memiliki berbagai jenis properti seperti rumah tinggal, apartemen, condotel, ruko, atau rukan. Program KPR Non Subsidi dari BRI mencakup berbagai jenis peroperti seperti pembelian rumah baru, rumah bekas, refinancing, top up, pembangunan, renovasi, hingga bahkan Anda bisa melakukan take over dari bank lain. Berikut beberapa keuntungan yang ditawarkan dari program KPR Non Subsidi:

  • Proses pengajuan pinjaman yang mudah dan cepat.
  • Biaya kredit ringan dengan suku bunga kompetitif.
  • Jangka waktu pinjaman/tenor hingga 20 tahun.
  • Uang muka (DP) mulai dari 10%.
  • Objek yang dibiayai meliputi rumah tapak, apartemen, condotel, ruko, dan rukan.
  • Terakhir, program KPR Non Subsidi yang ditawatrkan oleh BRI dilengkapi dengan asuransi jiwa kredit dan asuransi kerugian/kebakaran.
Baca juga:  5 Cara Klaim Asuransi Jiwa Prudential dan Tips Supaya Berhasil

2. Program KPR Sejahtera FLPP BRI

Selain KPR non-subsidi, BRI juga menyediakan program KPR subsidi, yaitu KPR Sejahtera FLPP. Perlu diketahui, bahwa program KPR Sejahtera FLPP BRI diperuntukkan khusus bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang mana dengan total penghasilan maksimal Rp8 juta per bulan (mencakup suami dan istri).

Baca Juga: Cara Menabung Emas di Pegadaian Beserta Syarat dan Keuntungannya

KPR Sejahtera FLPP disediakan untuk rumah pertama atau bagi mereka yang belum memiliki rumah, belum pernah mendapatkan subsidi perumahan, wajib dihuni, dan tidak boleh dijual/disewakan/dikontrakan selama 5 tahun pertama. Keuntungan program KPR ini meliputi tenor pinjaman hingga 20 tahun, selain itu suku bunga juga cukup rendah yaitu 5% selama jangka waktu kredit, serta bebas PPN dan premi asuransi.

Baca juga:  Apakah Uang Jasa Raharja Bisa Diambil? Simak Ulasannya

Suku Bunga BRI

Pada akhir tahun 2022, Bank Indonesia (BI) menaikkan suku bunga acuan hingga mencapai level 5,5%. Namun meskipun begitu, Bank BRI dari dahulu memang menjadi salah satu bank yang belum menaikkan suku bunga KPR. Sekretaris Perusahaan Bank BRI, Aestika Oryza Gunarto, menyatakan bahwa saat ini suku bunga KPR BRI dimulai dari 2,77% fixed selama 1 tahun hingga 4,97% fixed selama 5 tahun.

Persyaratan Mengajukan KPR BRI

Jika anda berencana mengajukan KPR BRI, ada beberapa persyaratan dan dokumen administrasi yang perlu anda penuhi dan siapkan sebelum mengajukan pinjaman. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Mengisi formulir aplikasi KPR.
  • Usia minimal 21 tahun atau sudah menikah.
  • Melampirkan dokumen kredit secara lengkap dan valid, seperti fotokopi KTP, KK, NPWP, pas foto suami/istri terbaru, dan slip gaji.
  • Membuka rekening BRItama.
  • Lokasi tempat tinggal/lokasi bekerja/usaha/praktek debitur berada di kota di mana kantor cabang berada.

Simulasi Cicilan KPR BRI

Apabila anda ingin mengetahui estimasi cicilan per bulan untuk KPR BRI, berikut simulasi perhitungannya:

Baca juga:  Mudah dan Anti Ribet! Berikut Cara Klaim Asuransi BCA Life

Contoh, anda berencana membeli rumah seharga Rp600 juta dan ingin mengambil kredit KPR BRI dengan tenor 15 tahun. Jika uang muka yang diperlukan adalah 30 persen dari harga rumah, maka DP (down payment) yang harus anda bayarkan adalah Rp180 juta. Adapun plafon pinjaman yang dapat anda ajukan adalah Rp420 juta. Dengan suku bunga 6,5% untuk tahun pertama, perkiraan cicilan per bulan pada tahun pertama adalah sekitar Rp 3.321.333,23.

Akhir Kata

Demikianlah panduan lengkap mengenai cara daftar KPR BRI, program KPR yang tersedia, suku bunga, persyaratan, dan simulasi cicilan. Semoga informasi ini membantu anda dalam merencanakan kepemilikan rumah impian anda. Jangan ragu untuk menghubungi Bank BRI untuk keterangan lebih lanjut atau kunjungi situs resmi mereka untuk mendapatkan informasi terkini.

Kata Kunci Terkait Cara Daftar KPR BRI

  • kredit bangun rumah bri
  • kpr bank bri tanpa dp
  • pengajuan kpr bri online
  • syarat kpr bri untuk wiraswasta
  • tabel angsuran kpr bri 2023
  • syarat kpr bri 2023
  • bunga kpr bri 2023
  • kpr bri 2023 kapan dibuka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *